Rabu, 31 Oktober 2012

Makna sumpah pemuda




Sumpah pemuda yang telah diikrarkan oleh para pejuang muda Indonesia pada tanggal 28 oktober adalah sebuah toggak kesetiaan bangsa Indonesia terhadap Tanah Air. Yang dimana ikrar inilah yang seyogyanya kita teladankan juga bagi kita sebagai bagian dari bangsa ini. Khususnya bagi para pemuda Indonesia sebagai potensi besar yang nantinya diharapkan dapat membangun Negara ini dengan segenap prestasi, kreatifitas, serta sumber daya Manusia yang baik.
Dengan memaknai sumpah pemuda, kita dapat merasakan besarnya perjuangan bangsa kita dalam memerdekakan Negara ini. Oleh karena itu untuk melanjutkan perjuangan itu kita hendaknya dapat memperlihatkan kepada dunia bagaimana sebenarnya Pemuda Indonesia, yakni manusia-manusia yang berbudi luhur, yang  menghargai dan mencintai bangsa dan tanah air, yang rela berkorban dalam memajukan bangsa dan mampu bersaing untuk membesarkan nama bangsa.

Satu tumpah darah

Tumpah darah adalah sebutan lain untuk tanah kelahiran. Ikrar satu tumpah darah menggambarkan indonesia adalah satu negara yang untuh, walaupun terpisah – pisah berbagai pulau. Walaupun terpisah lautan tetapi tidak di anggap sebagai pemisah, tapi dianggap sebagai pemersatu. Maksud dari satu tumpah darah adalah satu tanah air indonesia.

Satu bangsa
Bangsa adalah sekumpulan masyarakat yang hidup di suatu wilayah, dah mereka berada di bawah satu pemerintahan. Pada saat belum terbentuknya sumpah pemuda.indonesia ingin membentuk bangsa sendiri – sendiri. Ada bangsa jawa,bangsa sunda, bangsa aceh, bangsa sualwesi, bangsa maluku, dan sebagainya.dengan ikrar satu bangsa maka tidak ada perbedaan antara bangsa satu dengan yang lain dan menjadi satu bangsa indonesi.

Satu bahasa
Indonesia memiliki banyak bahasa daerah yang sering di sebut bahasa daerah atau logat daerah. Di setiap suku memiliki bahasa sendiri – sendiri. Dengan terbentuknya sumpah pemuda ditetapkan bahas apersatuan bahasa indonesia, yang tidak di ambil dari salah satu suku ataupun bahasa daerah yang ada di indonesia.


“sumpah pemuda menyatakan betapa besar pengakuan dan kecintaan para pemuda Indonesia terhadap bangsa, tanah air, serta bahasa Indonesia”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info